Masjid Agung Sidoarjo Dilengkapi Travelator

Masjid Agung Sidoarjo Dilengkapi Travelator – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan travelator Masjid Agung Sidoarjo (MAS), Senin (1/3/2021). Peresmian travelator ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Gubernur Khofifah yang didampingi Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor), Wakil Bupati Sidoarjo Subandi, dan Ketua MUI Kabupaten Sidoarjo KH. Salim Imron.

Turut menyaksikan pengukuhan tersebut adalah Forkopimda Kabupaten Sidoarjo, Ketua MUI dan beberapa Ketua OPD di lingkungan Pemprov Jawa Timur, Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur yang akrab disapa Khofifah mengatakan bahwa travelator yang diresmikan kali ini merupakan yang pertama untuk fasilitas masjid di Jawa Timur. “Keren banget, jadi ini travelator pertama di masjid di Jawa Timur. Sehingga bisa menjadi rujukan kabupaten / kota lain untuk menyediakan fasilitas serupa,” ucapnya.

Menurut Khofifah, dengan dilantiknya travelator tersebut akan memudahkan jamaah untuk naik ke lantai dua, terutama bagi para lansia (lansia). Dengan demikian jemaah akan merasa lebih aman, nyaman, dan beribadah dengan lebih khusyuk. Dalam kesempatan yang sama, gubernur wanita pertama di Jawa Timur ini juga menjelaskan bahwa langkah yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo sejalan dengan program Pemerintah Provinsi Jawa Timur yaitu Pemberkahan Jawa Timur.

Jatim Berkah sendiri, merupakan satu dari sembilan program Nawa Bhakti Satya yang ia luncurkan bersama Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak. Dengan adanya program Jatim Berkah, Khofifah menyampaikan bahwa Pemprov Jatim terbuka untuk ikut serta mengembangkan Masjid Agung Sidoarjo. “Kami ingin memuliakan masyarakat Jawa Timur melalui Nawa Bhakti Satya ini, apalagi ada program Berkah Jawa Timur didalamnya.

Oleh karena itu, jika ada program pembangunan masjid ini bisa diserahkan ke Pemprov Jatim. Sehingga kita bisa ikut serta dalam mewujudkan Berkah Jawa Timur, ”jelas Khofifah. Sementara itu Ketua MUI KH. Salim Imron yang mewakili Ta’mir MAS menjelaskan, masjid ini sudah mendapat bantuan pembangunan dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Salah satunya adalah travelator yang diresmikan saat ini.

“Semoga dengan adanya fasilitas ini semakin nyaman untuk beribadah dan beraktivitas di masjid ini,” tandasnya.Kedua, lanjutnya, di dalam masjid dilakukan renovasi plafon dan atap masjid. Dari bentuknya yang tadinya kerucut, sekarang dibuat rata agar suara tidak bergema. Selanjutnya, pembangunan kamar mandi putra putri di sayap kiri dan kanan masjid.

Selain Masjid Agung Sidoarjo yang pembangunannya semakin maju, kita juga harus memerhatikan masjid-masjid dipelosok Indonesia yang kurang layak sebagai tempat beribadah. Begitu pula dengan umat muslim yang berada didaerah maupun pedesaan yang tidak terdapat masjid disekitar lingkungan mereka. Kita dapat membantu warga muslim disana dengan menggalang dana melalui https://masjidpedesaan.or.id yang siap membangun masjid untuk umat muslim yang tinggal didesa dan pelosok-pelosok dengan akses yang sulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.